,

,
  • Berita Terkini

    Sejarah KKM MTsN Majenang


    Kepala MTs di lingkungan KKM MTs Negeri Majenang tahun 2016
    Kelompok Kerja Madrasah yang selanjutnya disingkat KKM adalah badan yang membina hubungan kerjasama secara koordinatif antara madrasah negeri dengan madrasah-madrasah swasta menurut tingkatan masing-masing dalam wilayah pembinaan yang di tetapkan. Berdasarkan Keputusan Dirjen Binbaga Islam Nomor : E/106-A/2001 tentang Kelompok Kerja Madrasah Bab I Pasal 1 bahwa Kelompok Kerja Madrasah adalah forum konsultasi dan inovasi peningkatan kualitas Madrasah.

    Adapun KKM MTs Negeri Majenang resmi terbentuk sejak MTs Negeri Majenang ditetapkan menjadi MTs Negeri pada tahun 1991. Awalnya pada tahun 1980 masih bernama MTs Darwata Geblogan  kemudian berubah menjadi MTs Negeri Karanganyar Filial di Pahonjean dengan KS Dirjen Binbaga Islam Nomor : KEP/E-II/1980 tanggal 22 September 1980. Pada tahun 1991 Madrasah Tsanawiyah Negeri Karanganyar Filial di Pahonjean meningkat statusnya menjadi mandiri dan berganti menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Majenang Kabupaten Cilacap dengan SK Nomor : 137 Tahun 1991.

    Kepengurusan dan Keanggotaan KKM MTs Negeri Majenang

    Kepengurusan Kelompok Kerja Madrasah menurut Keputusan Dirjen Binbaga Islam Nomor : E/106-A/2001 pada Bab IV pasal 4 ayat (2) berbunyi Kepala Madrasah Induk sebagaimana diatur oleh pasal 2 ayat (1) secara ex-officio sebagai Ketua Pengurus Kelompok Kerja Madrasah. Berdasarkan ketentuan di atas, kepengurusan KKM MTs Negeri Majenang mengalami pergantiaan seiring dengan pergantian kepala MTs Negeri Majenang sejak tahun 1991 sampai sekarang.

    Kepengurusan KKM MTs Negeri Majenang peride pertama tahun 1991-1994 diketuai oleh Drs. Bunyamin, sekretaris Warkim, HW, BA dan bendahara Sumarno, BBA. Pada periode ini KKM membawahi 41 MTs karena meliputi wilayah Cilacap.

    Selanjutnya pada periode kedua tahun 1994-1997 ketua KKM MTs Negeri Majenang dijabat oleh Drs. Chujjirno, sekretaris Warkim, HW, BA dan bendahara Sumarno, BBA dengan anggota KKM sebanyak 43 MTs.

    Mulai periode ketiga tahun 1997-2008 terjadi lagi pergantian pengurus dan terjadi perubahan wilayah kerja yaitu KKM MTs Negeri Majenang tidak lagi meliputi wilayah Cilacap namun membawahi Eks-Distrik Majenang. Saat itu ketua KKM dipegang oleh Hj. Ngadiyah, BA, sekretaris H. Sudiro dan bendahara Mustholih dengan anggota KKM sebanyak 11 MTs.   

    Berikutnya periode keempat tahun 2008-2010. Ketua KKM dijabat Drs. Muslimin Winoto, M.Pd.I dengan didampingi sekretaris H. Sudiro dan bendahara Mustholih dengan anggota sebanyak 11 MTs. 

    Periode kelima mulai tahun 2010 sampai sekarang terjadi pergantian ketua KKM seiring dengan adanya pergantian Kepala MTs Negeri Majenang yaitu posisi ketua KKM dijabat oleh H. Moch. Makhrus, S.Pd., M.Pd didampingi sekretaris Jenal Abidin, S.Pd dan bendahara Mustholih, S.Pd.I. Sedangkan anggota KKM MTs Negeri Majenang saat ini sebanyak 13 MTs.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Sejarah KKM MTsN Majenang Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    Scroll to Top