,

,
  • Berita Terkini

    Sabtu, 14 Oktober 2017

    Memahami Keutamaan Bulan Muharram 66 Siswa Yatim, Piatu dan Yatim Piatu Terima Santunan

    Kepala MTs Negeri Majenang Bapak H.Moch.Makhrus S.Pd.,M.Pd. memberikan santunan kepada siswa dan mengelus kepalanya sebagai tanda kasih sayang kepada anak yatim, piatu dan yatim piatu  diikuti pendidik  dan tenaga  kependidikan  dan disaksikan  oleh seluruh siswa MTs Negeri Majenang pada hari rabu 11 Oktober 2017 lalu. 



    Sebanyak 66 siswa kelas VII, VIII dan IX   yang termasuk kategori yatim, piatu atau yatim piatu menerima santunan dari kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan MTs Negeri Majenang ( 11/10).  Masing-masing siswa mendapat santunan sebesar Rp 135.000.  
    Koordinator keagamaan, Jaelani, S.Ag mengungkapkan bahwa kegiatan santunan diadakan rutin setiap bulan Muharram. “Tujuannya untuk membahagiakan para siswa yatim.  Semoga para siswa dapat sedikit terbantu meringankan beban kehidupan,” ujar guru Bahasa Arab tersebut. Beliau juga menjelaskan kegiatan santunan untuk melaksanakan perintah Rasul agar menyantuni yatim di bulan Muharram.



    Kegiatan Muharraman diikuti oleh seluruh siswa di lapangan bagian selatan MTs Negeri Majenang . Sebagaian siswa duduk diatas tikar yang digelar di tengah lapangan dan sebagian lagi duduk di teras depan kelas masing – masing.
    Kegiatan penyantunan anak yatim ini merupakan rangkain kegiatan dalam rangka memahami keutamaan bulan muharram yaitu untuk membahagiakan anak yatim. Acara ini diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara  Isma Rosiana Masithoh siswa kelas IX G.  Dilanjutkan dengan Pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Unul Khoeriyah.
    Seusai pembacaan ayat suci Alqur’an semua siswa penerima santunan berbaris rapi di lapangan. Kepala MTs Negeri Majenang, H. Moch. Makhrus, S.Pd., M.Pd menyerahkan amplop berisi uang kepada siswa putra diikuti bapak ibu  guru untuk menyalami dan mengusap kepalanya  sebagai bentuk penghormatan dan kasih sayang. Sebagai acara akhir adalah Mau’idhoh hasanah yang disampaikan oleh Bapak Kepala Madrasah H. Moch Makhrus S.Pd, M.Pd  sekaligus menutup acara tersebut dengan do’a.
    Bapak Kepala Madrasah menyampaikan bahwa bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Dalam bulan Muharram pahala akan dilipatgandakan bagi mereka yang berbuat baik, demikian pula sebaliknya bila berbuat tidak baik maka dosanyapun akan dilipatgandakan pula. Oleh karena itu dianjurkan untuk senantiasa berbuat kebaikan dan menghindarkan diri dari berbuat keburukan. Jangan sampai di bulan Muharram ini menyia- nyiakan anak yatim. Barang siapa yang memelihara anak yatim maka baginya adalah surga.
    Beberapa contoh peristiwa yang terjadi  di bulan Muharram antara lain terbelahnya laut merah oleh nabi Musa AS, nabi Ayyub disembuhkan dari penyakitnya oleh Allah SWT, nabi Yunus keluar dari perut ikan, Berlabuhnya kapal nabi Nuh AS di bukit zuhdi dan masih banyak peristiwa – peristiwa lain yang terjadi di bulan muharram sebagai pembelajaran bagi umat manusia.



    Disela – sela ceramahnya Bapak kepala juga memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa dengan memberkan reward berupa uang bagi mereka yang dapat menjawab pertanyaan beliau dengan tepat sehingga menciptakan suasana siang itu terasa bersemangat. (***ariesta indriawati)
    ”Dan barangsiapa yang membelaikan tangannya pada rambut (kepala) anak yatim di hari 'Asyura, maka Allah Ta’ala mengangkat derajat orang tersebut untuk untuk satu helai rambut satu derajat. Dan barangsiapa memberikan (makan dan minum) untuk berbuka bagi orang mukmin pada malam 'Asyura, maka orang tersebut seperti memberikan makanan kepada seluruh umat Muhammad SAW dalam keadaan kenyang semuanya.” 
    Acara santunan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan Nonton Bareng  ( Nobar ) Film G30SPKI di kelas masing – masing.  (***ariesta indriawati)


    Acara santunan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan Nonton Bareng (Nobar) Film G30S/PKI di kelas masing – masing.  Nobar diikuti oleh seluruh siswa  dengan didampingi oleh wali kelas masing – masing. Siswa tampak bersemangat menyaksikan film G30S/PKI tersebut sebagai upaya pengenalan fakta sejarah kepada siswa sehingga dapat menumbuhkan rasa patriotisme dan peduli terhadap bangsanya.  (***ariesta indriawati)
     

    Next
    This is the most recent post.
    Posting Lama
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Memahami Keutamaan Bulan Muharram 66 Siswa Yatim, Piatu dan Yatim Piatu Terima Santunan Rating: 5 Reviewed By: slamet riyadi
    ispi
    ispi
    Scroll to Top