,

,
  • Berita Terkini

    Kamis, 01 Juni 2017

    Upacara Bendera Peringati Hari Lahir Pancasila

    Hari libur, Kamis, 1 Juni 2017 ini tidak menyurutkan pendidik, tenaga kependidikan dan siswa MTsN Majenang untuk mengadakan upacara bendera. Jika sekolah dan madrasah yang lain menikmati libur, maka tak berlaku bagi MTsN Majenang. Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila (1 Juni) diadakan kegiatan upacara bendera di halaman madrasah yang dimulai pukul 07.20-08.30 WIB.

    Upacara kali ini terasa istimewa dan berbeda karena para petugasnya para pendidik, tenaga kependidikan dan siswa. Ada kolaborasi antara guru dan siswa.

    Bertindak selaku pembina upacara, H. Moch. Makhrus, S.Pd., M.Pd. kemudian pemimpin upacara diserahkan kepada Herlan Tri Saputra, S.Pd. (guru penjaskes), pengibar bendera dipercayakan kepada Emilia, S.Pd. (guru Bahasa Indonesia), Sri Suryani, S.Pd., M.Si. (guru IPA) dan Slamet Riyadi, S.Kom (tenaga kependidikan). Tampil selaku pembaca UUD 1945, Hj. Nur Mardiyah, S.Pd. (guru PKn). Drigen dipegang oleh Atik Wigyati, S.Pd., M.M. (guru Seni Budaya), ajudan Akhmad Susanto, S.Pd. (guru IPS) dan pembawa teks Pancasila, Arief Budianto, S.Pd. (guru matematika).  Pemimpin barisan I Fani Dermawan, S.Pd. dan pemimpin barisan II Mujtahid, S.Pd. Adapun pembaca keputusan Presiden tentang Hari Lahir Pancasila oleh Tri Mulyanto, S.Pd. (guru Bahasa Indonesia) dan do’a dipimpin oleh Drs. H. Sukur (guru Fiqih).
    Kepala madrasah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para peserta upacara. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta upacara yang telah hadir pada pagi ini walaupun hari libur. Selanjutnya saya juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah shaum ramadhan,” ujarnya.


    Selanjutnya beliau membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo mengenai penetapan Hari Lahir Pancasila pada setiap tanggal 1 Juni. 

    Sebagian sambutan Presiden yang beliau bacakan sebagai berikut:


    "Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni  1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

    Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga  kita  bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

    Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman.Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman.  Dari Miangas  sampai  Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. ltulah ke-bhinnekatunggalika-an kita".



    Upacara diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Drs. H. Syukur.
    ***
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Upacara Bendera Peringati Hari Lahir Pancasila Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top