,

,
  • Berita Terkini

    Rabu, 08 Februari 2017

    Membuka Jendela Dunia

    Oleh:Ariesta Indriawati, S.Pd., M.M.
    Guru IPA MTs Negeri Majenang
    Setiap orang tua mengharapakan anak–anaknya  menjadi anak  yang berkualitas baik secara moral maupun intelektual, karena hal itulah orang tua berusaha mencari tempat pendidikan terbaik untuk putra putri mereka. Tempat pendidikan terbaik merupakan tempat yang mereka anggap mampu mewujudkan apa yang mereka cita–citakan untuk anak–anak mereka. Mencerdaskan anak secara intelektual, emosional dan spiritual merupakan tugas lembaga pendidikan untuk menciptakan generasi bangsa seperti yang diharapkan oleh  para orangtua di Indonesia pada umumnya.

    Salah satu lembaga pendidikan yang diharapkan mampu menjalankan amanah mereka adalah madrasah. Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang menggabungkan paket pembelajaran pengetahuan umum dengan pengetahuan agama secara seimbang sehingga diharapkan  peserta didik yang lulus nanti memiliki kompetensi  kognitif, afektif dan psikomotor yang lebih baik dan berimbang.
    Meningkatkan minat baca pada peserta didik tidaklah mudah, jangankan meningkatkan untuk membiasakan anak mau membaca saja perlu strategi dan pendekatan yang tepat.  Anak–anak kita saat ini lebih menyukai bermain hand phone  atau  game. Warnet dan tempat play station  penuh oleh anak–anak yang sudah menjadi pelanggan tetap untuk bermain game.
    Madrasah dalam menjalankan misi pendidikan diharapkan mampu menyediakan fasilitas yang lengkap bagi ketercapaian tujuan pendidikan dan memiliki  tenaga pendidik maupun kependidikan yang berkualitas sehingga tugas pendidikan dan pembinaan terhadap peserta didik dapat dilaksanakan secara maksimal. Salah satu fasilitas yang  yang dibutuhkan madrasah adalah perpustakaan.

    Peranan perpustakaan di madrasah sangatlah penting karena perpustakaan sangat membantu bagi terselenggaranya pendidikan yang berkualitas. Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar karena merupakan pusat penyedia informasi yang dibutuhkan oleh guru dan peserta didik. Dengan adanya perpustakaan di madrasah diharapkan  mampu  memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan dan upaya menumbuhkan minat baca. Tingginya minat baca  bagi peserta didik maupun guru akan berimbas pada kemajuan pendidikan di Indonesia serta mampu mengarahkan pada tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

    Perpustakaan Menumbuhkan Minat Baca
    Sementara perpustakaan selalu sepi oleh pengunjung. Jika di madrasah telah tersedia perpustakaan maka perpustakaan hanya berfungsi sebagai tempat untuk meminjam atau mengembalikan buku yang dipakai saat pelajaran tertentu yang diminta oleh guru. Sangat ironis memang. Merupakan tugas bersama antara petugas perpustakaan, guru dan pengelola madrasah untuk menjadikan perpustakaan menjadi tempat favorit bagi peserta didik dan guru karena banyak hal dapat dilakukan di perpustakaan untuk meningkatkan kecerdasan dan daya imajinasi peserta didik. Perpustakaan mempunyai manfaat yang sangat baik bagi peserta didik antara lain :
    1. Menumbuhkan minat baca bagi peserda didik
    2. Menumbuhkan kecintaan, kebiasaan dan kebutuhan untuk membaca bagi peserta didik
    3. Memperkaya pengalaman belajar peserta didik karena dengan membaca di perpustakaan madrasah akan selalu menemukan hal baru dan pengalaman baru dari bahan bacaan yang dibacanya.
    4. Meningkatkan kemampuan kecakapan berbahasa bagi peserta didik
    5. Meningkatkan daya pikir peserta didik karena dengan membaca kemampuan berfikir peserta didik selalu diasah dengan menenmukan hal – hal baru yang membutuhkan penalaran dan logika berpikir yang tinggi.
    6. Mempermudah peserta didik dan guru menemukan sumber belajar yang dibutuhkan
    Untuk menumbuhkan minat baca pada peserta didik perlu kerja sama semua pihak seperti pengelola perpustakaan, guru  dan semua komponen madrasah termasuk peserta didik itu sendiri. Salah satu cara yang memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan cara pihak perpustakaan proaktif dengan mengadakan berbagai kegiatan yang dapat merangsang peserta didik di tahap awal mau membaca misalnya dengan kegiatan lomba membaca cerita dan bedah buku cerita atau novel. Pada tahap awal menumbuhkan minat baca peserta didik  juga dapat dilakukan oleh guru , misalnya dengan guru memberi tugas pada peserta didik untuk meminjam buku di perpustakaan dan membacanya kemudian menceritakan kembali apa yang telah dibaca oleh peserta didik di depan kelas. Peserta didik yang terbaik diberi penghargaan dapat berupa hadiah atau reward yang lain.

    Pada tahap selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan minat baca pada peserta didik. Pada tahap ini dapat dilakukan oleh pengelola perpustakaan dengan menambah koleksi bacaaan yang variatif dan menarik bagi peserta didik. Jika bahan bacaan yang tersedia beragam dan variatif, tempat dan fasilitas perpustakaan nyaman dan menyenangkan serta pelayanan perpustakaan ramah dan dekat dengan peserta didik maka peserta didik akan tertarik untuk selalu mengunjungi perpustakaan madrasah hingga akhirnya membaca akan menjadi kebutuhan bagi peserta didik dan budaya membaca di madrasah akan tercipta.

    Budaya membaca di madrasah hendaknya tidak hanya dilakukan oleh peserta didik tetapi juga oleh guru dan semua komponen madrasah. Guru merupakan contoh nyata bagi peserta didik, jika gurunya rajin membaca akan lebih mudah bagi pendidik untuk mengajak peserta didik untuk  rajin membaca.

    Perlu perhatian dari madrasah untuk memberdayakan perpustakaan madrasah dengan segala penunjang yang dibutuhkan, serta kerja sama dengan guru untuk memotivasi peserta didik menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar.Dengan demikian akan menumbuhkan minat baca dan budaya membaca pada peserta didik sehingga mereka dapat bekerja menjadi individu yang gemar menggali informasi dari buku sebagai jendela dunia.Membaca berarti membuka jendela dunia, karena dengan membaca kita akan mengenal dunia. Kita buka jendela dunia dengan budaya membaca di madrasah.
    ***
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Membuka Jendela Dunia Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top