,

,
  • Berita Terkini

    Senin, 13 Februari 2017

    Keadaan Alam Kita yang Memprihatinkan


    Karya : Nuri Najwa Utfina
    Kelas 7G MTs Negeri Majenang 


    Dulu …. Alam kita sangat indah. Hijau di mana-mana. Pohon-pohon subur, lingkungan bersih dan asri. Namun …. kini alam kita tidak seperti dulu… hutan banyak yang gundul. Pencemaran lingkungan dan polusi udara merebak  di mana-mana.

    Banyak pohon yang ditebang hanya untuk kepentingan sendiri. Selain ditebang pohon-pohon dan hutan juga dibakar sehingga asapnya menimbulkan polusi udara. Polusi udara yang terjadi menyebabkan pernafasan terganggu dan mata menjadi perih.


    Bukan hanya manusia yang dirugikan tapi juga hewan-hewan yang hidup di hutan tersebut. Mereka kehilangan tempat tinggal, kehilangan tempat mereka mencari makan dan mereka juga kehilangan keluarga dan kawanan mereka. Akibatnya …. Mereka datang ke tempat pemukiman penduduk dan merusak rumah, sawah, ladang, dan sebagainya.

    Selain itu…. Lahan sisa pembakaran hutan tersebut menjadi kering dan tandus. Polusi udara bukan hanya terjadi karena pembakaran hutan tapi juga terjadi karena asap kendaraan bermotor di Indonesia mengakibatkan banyaknya asap kendaraan yang dikeluarkan yang menyebabkan polusi udara.

    Bukan hanya polusi udara tapi juga pencemaran air dan lingkungan. Air tercemar karena limbah pabrik dan limbah rumah tangga. Limbah pabrik yang tidak diolah sebelum dibuang ke sungai, inilah yang mengakibatkan timbulnya pencemaran air.

    Limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai juga menyebabkan pencemaran air. Bukan hanya limbah yang menyebabkan pencemaran air  tapi  juga sampah  yang dibuang ke sungai. Sampah yang dibuang sembarangan ke sungai  ini menyebabkan pencemaran air, selain  pencemaran tapi  juga menyebabkan banjir.

    Karena semakin banyaknya pencemaran air dan pencemaran lingkungan, kita harus menjaga apa yang sudah dikaruniakan  oleh  Allah. Kita jaga sungai, dan mengolah limbah yang akan dibuang ke sungai. Selain menjaga lingkungan kita juga harus menjaga hutan kita, dengan cara menanami hutan yang gundul dan merawatnya. Agar  anak cucu kita nanti dapat merasakan sejuk dan indahnya hutan. Hutan juga dapat mencegah banjir  dan longsor. Jika hutan lestari  hewan-hewan juga dapat lestari, dan tidak kehilangan tempat tinggal mereka.

    MARI KITA SAYANGI ALAM CIPTAAN TUHAN INI…..

          
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Keadaan Alam Kita yang Memprihatinkan Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top