,

,
  • Berita Terkini

    Rabu, 25 Januari 2017

    Demokrasi Sejak Dini


    Oleh: Mujtahid, S.Pd.
    Guru MTs Negeri Majenang
    Majenang, 23 Januari 2017. Pesta demokrasi pilkada sesaat lagi menjelang, tepatnya tanggal 15 Februari 2017, Pilkada serentak berlangsung di negeri ini. Ribuan janji yang mengatasnamakan rakyat  menjadi menu wajib sebagai bumbu demokrasi.

    MTs Negeri Majenang adalah bagian dari proses demokrasi di negeri ini, lewat rangkaian acara yang diusun secara rapih oleh Waka Kesiswaan, Ibu Okah Imtihanah, S.pd. membuat proses menuju pemilihan ketua OSIS di madrasah atau dikenal dengan OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah, berjalan layaknya pesta demokrasi di negeri ini. Ini merupakan pembelajaran sebagai implementasi mapel PKN  yaitu dalam proses demokrasi pada diri para siswa dan bahasa Indonesia  yaitu berdiskusi dan berpidato. Kontestan yang terlibat pada aca ini adalah  paslon no urut 1 : Isma Rosdiana Dewi – Febrian Dwi Cahya,   no urut 2 : Rizki Eko Saputra – Widi Wibowo, dan no urut 3 : Rifai Herdiansyah – Dewi Anggraeni.

    Sebelum debat dimulai acara diawali dengan pembacaan ayat suci alqur’an dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lilanjutkan sambutan ketua panitia dan  kepala MTs Negeri Majenang. Pada sambutan Bapak H. Moch. Makhrus, S.Pd, M.Pd memberi pesan kepada siswa dan para calon : “ Pesta demokrasi ini adalah wujud nyata demokrasi di sekolah, sebelum kita menjadi manusia yang terjun di masyarakat dalam proses demokrasi yang sesungguhnya, silahkan adu visi misi dalam debat kali ini, yakinkan pemilih jika anda layak untuk dipilih  sebagai pemimpin para siswa. Ajang ini bukanlah sebuah kegiatan untuk mengkotak-kotakkan siswa agar mereka tidak bersatu, tetapi dengan perbedaan pilihan, mari kita belajar menjadi manusia yang yang saling menghormati satu sama lain. Buktikan bahwa MTs Negeri Majenang akan lebih baik dibanding periode sebelumnya”.

    Layaknya acara debat sungguhan pelaksanaannya pun pesris seperti di televisi. Sebagai moderator Bapak Mujtahid, S.Pd. mampu mebuat suasana begitu meriah dengan rangaikan tahapan debat :
    1.       Penyampaian Visi dan Misi masing-masing paslon dalam waktu 10 menit.
    2.       Masing-masing paslon mengajukkan pertanyaan kepada  dua paslon yang lain dengan satu pertanyaan yang sama, dan di jawab dalam waktu maksimal 2 menit terhadap visi misi yang disampaikan.
    3.       Tiga orang Panelis memberikan pertanyaan kepada 3 paslon secara bergantian untuk paslon diberi kesempatan menjawab, maksimal waktu 2 menit.
    4.       Peserta menjawab pertanyaan dari penonto yaitu kelas VII –IX.
    5.       Moderator memberikan  sebuah pertanyaan untuk dijawab ketiga paslon.
    6.       Penajaman Visi Misi paslon yang disampaikan maksimal 3 menit.
    7.       Penutup

    Dari acara yang terselenggara ini dari pukul 08:00 – 11.30 Wib ini dari ketiga paslon mengutamakan kepada perbaikkan sikap siswa dan peningkatan ilmu keagaamaan. Dari paslon no urut 1 memfavoritkan peningkatan eksul pramuka dan agama untuk peningkatan prestasi, kemudian no urut 2 lebih menekankan kepada kedisiplinan siswa dan sikap untuk saling menghormati anatara guru dan siswa dan ekskul yang menjadi andalan adalah seni keagamaan, sedangkan no urut 3 lebih mengutamakan pembenahan organinasasi OSIM, dan mengaktifkan semua ekskul, tanpa menyebut satu jenis ekskul andalan.

    Dari debat tersebut paslon no urut 1 lebih menguasai materi dengan menjawab lebih lugas dan tegas dan gaya komunikasinya begitu lancar, dibanding paslon lain, tetapi untuk pendukung yang hadir sepertinya lebih banyak yang mendukung no urut 3. Tetapi hasilnya akan dapat kita lihat setelah pencoblosan di TPS pada hari Selasa, 24 Januari 2017 yang dimulai pukul 10:00 Wib dan berakhir pukul 12:00 Wib. Dilanjutkan penghitungan suara. Apakah hasil debat paslon ketua dan waka OSIM MTs Negeri Majenang dapat mempengaruhi pemilih? Tentunya semua dapat di jawab setelah penghitungan suara. 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Demokrasi Sejak Dini Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top