,

,
  • Berita Terkini

    Selasa, 13 September 2016

    Semarakkan Idul Adha, MTsN Majenang Gelar Sholat Id dan Pemotongan Qurban

    MTs Negeri Majenang, Senin (12/9), melaksanakan Shalat Idul Adha 1437 Hijriah yang dilaksanakan di halaman MTs Negeri Majenang. Dalam khotbahnya, Darto, S.Ag menyampaikan bahwa motivasi berqurban mustinya dijadikan patokan untuk senantiasa mengasah kepedulian sosial. 

    “Mari kita jadikan momentum Idul Adha untuk berbagi, bukan hanya saat Idul Adha sekarang saja, namun seterusnya,” ujar guru bahasa Arab yang asli dari Brebes ini. 

    Sholat Idul Adha dihadiri Kepala MTs Negeri Majenang, warga masyarakat sekitar MTs, keluarga pendidik, dan tidak ketinggalan para peserta didik yang datang mulai pukul 06.00.

    Usai melaksanakan shalat Idul Adha, keluarga besar  MTs Negeri Majenang melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Sebanyak satu ekor sapi yang berasal dari pendidik dan tenaga kependidikan serta 6 kambing hasil iuran peserta didik dipotong di tempat yang berbeda. Rinciannya adalah  satu ekor sapi dan dua ekor kambing disembelih di MTs,  sedangkan empat ekor kambing lainnya ditashorufkan ke masyarakat sekitar melalui Masjid Al Wasilah Karang Jati RT 01 RW 14, Masjid Nurul Huda RT 01 RW 15 Cidulang Adimulya, Mushala Al Azhar RT 03 RW 03 Pahonjean, dan Mushala Al Kohar Jl. Masjid Al Ikhlas RT 05 RW 07. 

    H. Moch. Makhrus, S.Pd., M.Pd selaku kepala madrasah mengemukakan bahwa program sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban telah menjadi program tahunan di MTs Negeri Majenang. Beliau menyatakan program ini aka terus dilanjutkan karena memberi manfaat yang besar. 

    "Kita akan terus lanjutkan program ini, ke depan pelaksanaannya akan semakin ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya," ujar pengasuh pondok pesantren Miftahul Huda, Cigaru, Majenang ini.

    Pada kesempatan yang sama ketua panitia, Munstasyir, S.Ag., M.Pd.I menjelaskan ada empat tujuan dari kegiatan ini,  yaitu pertama, memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk meneladani Nabi Ibrahim As, kedua, membentuk karakter peserta didik agar bisa selalu berusaha dan berkorban jika ingin memperoleh hasil yang baik. Ketiga, menumbuhkan kesadaran dan peran serta dalam mengembangkan kecintaan kepada sesama sebagai perwujudan takwa kepada Allah dan keempat, memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah Islamiyah diantara Peserta didik MTs Negeri Majenang dengan masyarakat sekitarnya. 

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Semarakkan Idul Adha, MTsN Majenang Gelar Sholat Id dan Pemotongan Qurban Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top