,

,
  • Berita Terkini

    Rabu, 04 November 2015

    Deni Kurniawan As'ari, Tekuni Dunia Menulis

    Oleh : Teguh Hidayat Akbar
    Wartawan Suara Merdeka


    Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Majenang, Cilacap, Deni Kurniawan As’ari sukses meraih juara I Lomba Menulis Artikel Nasional 2 Tahuan 2015. Lomba itu diselenggarakan Keluarga Alumni Fapet Unsoed Cabang Joglosemar dengan tema “Solusi Permasalahan Bangsa”.

    Deni meraih juara pada penghujung Oktober kemarin, melalui karya tulisnya berjudul “meningkatkan Kemampuan Menulis di Kalangan Guru Madrasah”. Pada tahun 2003, dia juga meraih juara Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional yang diselenggarakan PC Al Irsyad Surabaya.

    Deni Kurniawan As'ari saat menerima piala lomba
    Bagi guru kelahiran Cianjur, 8 april 1976 ini, ada banyak hal yang mendasari mengapa dia gemar menuli. Pertama, kemampuan menulis sudah menjadi tuntutan profesi sebagaimana amanat pemerintah.

    Selain itu, kegiatan menulis bagi seorang guru akan menjadi media untuk menyampaikan gagasan maupun ide, terutama untuk kemajuan dunia pendidikan. Hal ini menjadi penting, karena seiiring perkembangan tekonologi banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan. Sebut saja rubrik artikel surat kabar, website, blog  maupun ajang perlombaan.

    Melalui media itu, segala gagasan bisa tersampaikan, sekaligus dibagikan untuk yang membutuhkan. Tidak terkecuali bagi kalangan pendidik yang pada akhirnya menggugah minat untuk menulis.

    “Lewat tulisan, juga bisa menjadi media pembelajaran bagi anak didik,” kata pemilik website www.penadeni.com itu.

    Lebih dari itu, segala gagasan seorang guru bisa dikembangkan menjadi karya tulisan yang lebih luas. Satu diantaranya adalah buku. Hal itu dibuktikan olehnya, berupa buku Kamus Istilah Politik dan Kewarganegaraan yang dibuatnya pada 2006 silam.

    “Kepenulisan buku selanjutnya, yang ke depan masih menjadi cita-cita besar sata. Mudah-mudahan bisa segera terwujud,” kata warga Perum Puspasari Majenang itu.

    Kaitannya dengan bidang keilmuan, alumnus Universitas Pendidikan Indonesia (ISPI) Daerah Jateng itu sedang melanjutkan pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Galuh Ciamis.


    “Bagaimanapun, jenjang pendidikan sangat penting supaya bisa memberikan yang terbaik bagi pendidikan Indonesia, khususnya di MTs Negeri Majenang,” ungkap guru pembimbing ekstrakurikuler Jurnalistik MTs Negeri Majenang itu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Deni Kurniawan As'ari, Tekuni Dunia Menulis Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top