,

,
  • Berita Terkini

    Jumat, 10 Oktober 2014

    Siapa yang Salah Dalam Mendidik Anak?

    Oleh : Sarifudin, S.Pd.I.
    Tenaga Pendidik MTs N Majenang Kab. Cilacap Prov. Jawa Tengah, Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam di STAIN Purwokerto.

    Saling menyalahkan diantara personal memang sudah lazim dalam hal mendidik anak, apalagi jika anak tersebut memiliki perilaku dan karakter diluar ambang batas harapan orang tua dan tokoh masyarakat, berbanding balik jika anak itu sukses.

    Mendidik merupakan bagian terpenting dalam proses mengenalkan, memfasilitasi dan merealisasikan dari proses kegiatan belajar dan mengajar di sekolah kedalam berbagai lingkungan. Lingkungan yang lebih menekankan pada teori bukan pada prakteknya akan berdampak pada sifat dan perilaku akan cenderung tidak mengenal lingkungannya. Sedangkan pada lingkungan yang menekankan pada praktek maka anak akan lebih mudah mengekspresikan ide-idenya. Namun semuanya perlu kita sadari bahwa antara teori dan praktek perlu kita seimbangkan, disamping anak mengenal teori juga anak akan mendapatkan materi sebelum mempraktekan dilapangan. Oleh karena itu dalam mendidik menjadi tidak mudah, apalagi semakin berkembang pesatnya fasilitas dan media informasi. Perlunya pendampingan anak dalam mendapatkan informasi menjadi tanggung jawab bersama antara elemen keluarga, elemen sekolah dan elemen masyarakat. Pendampingan yang dimaksud adalah dalam hal lebih mengontrol diri pribadi masing-masing. Sosok orang tua menjadi figur yang lebih mudah dilihat dalam proses pendewasaan anak. Guru menjadi figur dalam hal proses kegiatan belajar dan mengajar terkait lingkungan sekolah. Sedangkan tokoh masyarakat menjadi penyeimbang bagi pendampingan anak dilingkungannya.
             
    Contoh gambar pendampingan terhadap anak
    Media televesi dan internet sering mendapatkan sasaran empuk terhadap perubahan perilaku dan sifat anak dalam keseharian. Televisi tidak bisa disalahkan begitu saja, perhatian dan pendampingan yang cukup bagi anak sangat dibutuhkan. Maka dari itu peran orang tua sangat penting ketika anak memilih tontonan dalam televisi. Terkadang kita terlalu mudah untuk menyalahkan terhadap keadaan, dan masa bodoh terhadap peran orang tua saat menonton televisi bersama anak. Komunikasi dan bercengkerama memungkinkan dilaksanakan dalam menyelesaikan keadaan yang ada, agar suasana yang tidak sebenarnya dapat kita filter. 

    Begitu pula dengan media internet yang akhir-akhir ini sangat mudah kita akses baik melalui handphone maupun di warung internet. Dalam proses pendampingan ini peran orang tua dan guru haruslah memberikan gambaran manfaat pada dunia internet. Sehingga tidak tercipta pemandangan anak malas sekolah hanya gara-gara adanya fasilitas warung internet. Memberikan arahan dalam penggunaan internet untuk kebutuhan wawasan dan pengetahuan menjadi sangat penting jika adanya pendampingan baik dari orang tua, guru dan tokoh masyarakat sekitar.

    Dengan demikian kenyataan dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang ada tidak bisa kita salahkan begitu saja karena semuanya berkesinambungan bagi perilaku dan karakter anak dalam mengenal kehidupan. Mawas diri dan saling membenahi diri merupakan wind-wind solution dalam mensikapi faktor perubahan perilaku dan karakter anak dalam keseharian.



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Siapa yang Salah Dalam Mendidik Anak? Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top