,

,
  • Berita Terkini

    Selasa, 07 Oktober 2014

    Sarifudin, Guru yang Piawai Menyembelih Hewan Qurban

    Selain menjadi guru SKI, Sarifudin rupanya pintar menyembelih hewan qurban. Dalam kegiatan pemotongan hewan qurban Idul Adha, Minggu kemarin (5/10), lelaki muda kelahiran Cilacap, pada tanggal 11 Oktober 2014 ini berhasil memotong 3 kambing sekaligus. Kepiawaiannya memotong hewan qurban ia tunjukkan dihadapan para guru, siswa dan masyarakat Pahonjean yang ikut menyaksikan dan membantu proses penyembelihan tersebut. 

    Aksinya saat memotong hewan qurban cukup meyakinkan. Sebilah golok yang telah ia siapkan menghunus dan tanpa ragu setelah berdo'a memotong leher kambing hingga darah bercucuran. Tidak kelihatan sedikitpun rasa ngeri ataupun takut dalam dirinya. 
    “Saya sudah lama terbiasa memotong hewan qurban terutama kambing. Sementara memotong sapi masih belum berani karena saya masih muda. Kemampuan tersebut diturunkan dari kakek saya yang juga terbiasa memotong hewan qurban,” ujar ayah dari Saskia Adzahra El-Sarif dan Sajjid Dewo Assarif itu.



    EKSEKUSI HEWAN : Sarifudin saat mengeksekusi hewan qurban di lapangan MTs Negeri Majenang beberapa hari lalu

    Suami dari Waryanti ini belum lama menjadi guru MTsN Majenang. Ia baru tiga bulan resmi menjadi guru MTsN Majenang  setelah melakukan proses mutasi dari MTs Ma’arif Cimanggu. Bergabungnya mahasiswa pascasarjana STAIN Purwokerto ini menambah semarak suasana di MTs. Kemampuannya di bidang seni  musik menjadi aset berharga bagi kemajuan MTsN Majenang ke depan.

    Dari Suka Menyanyi dan Memijat Sampai Aktivis Organisasi
    Sarifudin bersama Prof. Dr. Mahfud, MD
    Mantan pengurus GP Ansor ini senang pula menyanyi.  Berbagai jenis musik ia kuasai termasuk lagu dangdut, qasidah hingga religi. Saat karnaval HUT RI ke-69 tingkat Majenang, ia didaulat untuk menjadi penyanyi di atas mobil pick-up selama kegiatan karnaval. Begitu pula saat kegiatan jambore, Sarifudin diberi kepercayaan untuk melatih para peserta bermain musik tradisional.

    Selain menyanyi, keahlian lain yang dimilikinya yakni memijat. Ya, memijat merupakan salah satu keterampilan yang ia kuasai. Banyak sudah orang-orang yang berhasil disembuhkan karena pijitannya yang mantap. Bahkan, konon ia sempat malang melintang di ibukota Jakarta untuk memijat. Sampai kini, dirumahnya masih suka memijat jika ada tetangga atau temannya yang memerlukan bantuan dirinya.

    Katerlibatannya dalam organisasi kemasyarakatan patut diacungi jempol. Berorganisasi baginya menjadi panggilan hati. Tak pelak cukup banyak organisasi yang ia ikuti. 


    Saat masih remaja sempat menjadi editor dan redaksi mading MAN Majenang. Selain itu pernah pula mengemban amanah sebagai ketua karang taruna Dusun Panusupan, Cimanggu dan sekretaris karang taruna Desa Cimanggu. Adapun pada organisasi pelajar pernah menjadi anggota departemen penerangan dan dakwah PAC IPNU Cimanggu. Di organisasi kepemudaan, menjabat sekretaris PAC GP Ansor Cimanggu masa khidmah 2012-2014. Sedangkan pada organisasi kependidikan menjadi sekretaris II MWC LP Ma'arif NU Cimanggu periode 2008-2014.


    Mahasiswa pascasarjana STAIN Purwokerto ini saat ini menjabat ketua yayasan Bani Sanmenawi Kab. Cilacap, ketua yayasan pimpinan cabang yayasan Bani Zain Sururon Kab. Cilacap dan ketua dewan pendidikan At-Taubah Cimanggu, Kab. Cilacap. 



    Prestasi yang pernah diraih guru SKI dan Seni Budaya ini cukup banyak terutama dalam bidang qiro’ah. Sebagian diantaranya Juara 1 MTQ tingkat SD/MI  kecamatan Cimanggu dalam rangka HUT RI tahun 1993,  Juara 3 MTQ dalam rangka milad remaja muda Darussalam kecamatan Cimanggu tahun 1997, Juara 1 MTQ tingkat remaja kecamatan Cimanggu dalam rangka HUT RI tahun 1997,  Juara 1 orasi pemikiran pemuda politik praktis tingkat kecamatan Cimanggu tahun 1998 yang diselenggarakan oleh parpol, Juara 1 MTQ tingkat dewasa kecamatan Cimanggu (HUT RI) tahun 2002, Juara 1 pop song religi dalam acara milad SMP Muhammadiyah Cimanggu tahun 2003.
    ***

    DKA, 2014
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Sarifudin, Guru yang Piawai Menyembelih Hewan Qurban Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top