,

,
  • Berita Terkini

    Minggu, 05 Oktober 2014

    Memupuk Semangat Berkurban Lewat Sekolah

    Oleh : Umi Amalia
    Mahasiswi UIN Bandung Jurusan Jurnalistik, Warga Pahonjean, Majenang

    Idul Adha merupakan salah satu hari raya yang dilaksanakan umat Islam selain Idul Fitri. Tanggal 5 Oktober bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah Hari Raya Idul Adha dilaksanakan, meski ada beberapa golongan yang melaksanakannya pada tanggal 4 Oktober. Perbedaan tersebut tidak mengurangi semangat perayaan hari kurban.

    Pemupukan semangat kurban perlu dilatih sejak dini. Sekolah menjadi salah satu media yang tepat untuk menanamkan semangat tersebut. Generasi bangsa perlu mengerti bagaimana pentingnya kegiatan Idul Adha. Peran serta sekolah salah satunya ditunjukkan oleh MTs N Majenang.

    Nurholis, S.Ag selaku panitia saat proses wawancara dengan penulis
    Nurholis, S.Ag selaku ketua panitia penyembelihan hewan kurban di MTs N Majenang mengatakan, ada 6 ekor hewan kurban yang berasal dari siswa, 2 ekor kambing dan 1 ekor sapi dari pihak guru. 5 ekor kambing langsung dikirim ke berbagai masjid disekitar MTs N Majenang. “Selain sebagai media dakwah dan syiar, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk melatih dan mengenalkan siswa terkait dengan kegiatan sosial,” ungkapnya. “Siswa dikenakan iuran sebanyak Rp 20.000,” tambahnya lagi saat dimintai keterangan terkait dengan keterlibatan siswa.

    Tujuan dari kegiatan yang memang diselenggaran tiap tahunnya ini juga diamini oleh H. Moch. Makhrus, S.Pd., M.Pd selaku kepala madrasah. Dia menuturkan tujuannya memang selain berdakwah dan syiar para siswa juga diharapkan mengerti dan mempraktekan kegiatan kurban tersebut. Menurut pantauan dari pihat MTs N Majenang, masyarakat sangat bereaksi positif dengan kegiatan tersebut, “Jika kegiatan tersebut membawa kemaslahatan kami akan lanjutkan, jika tidak kami akan hentikan,” tambahnya saat dimintai keterangan dikantor.

    Para siswa memang sangat antusias atas keterlibatan mereka dalam proses penyembelihan hewan kurban. Syafiq Maulana, siswa kelas 9 ini mengatakan kalau dirinya senang dan memang ingin mengikuti proses penyembelihan hewan kurban hingga pembagian kepada masyarakat. Najib Nazarudin, siswa kelas 8 saat ditanya juga sependapat dengan Syafiq. Beberapa siswa membantu membersihkan hewan kurban sedang beberapa siswi membantu mengolah daging.           
    PENYERAHAN : Panitia dan perwakilan siswa menyerahkan hewan qurban kepada masyarakat
    Tak hanya siswa, guru-guru juga turut mengikuti proses penyembelihan hewan kurban tersebut hingga disalurkan kepada masyarakat. Masyarakat dilingkungan sekitar juga ikut serta, hal ini menunjukkan betapa kegiatan Idul Adha menjadi momen yang ditunggu dan memberikan manfaat yang besar bagi umat Islam. Pihak sekolah juga sangat berperan agar peserta didik mereka bisa mempraktekan kegiatan yang sakral tersebut. Mengajarkan kepada mereka bahwa manfaat dari Idul Adha tidak hanya hubungan dengan Allah Swt tetapi juga hubungan sosial sesama manusia.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Memupuk Semangat Berkurban Lewat Sekolah Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top