,

,
  • Berita Terkini

    Sabtu, 27 September 2014

    Nubail dan Endang Jaka Wahyu Aji, Like Son Like Father

    Like son, like father apakah istilah ini tepat untuk menggambarkan siswa kelas 7E Nubail Ahmad Kemal dengan ayahnya. Endang Jaka Wahyu Aji merupakan ayah dari Nubail. Menariknya sang ayah adalah alumni MTs Negeri Majenang angkatan 1985 dan sekarang menjadi seorang guru agama di SMK Yos Sudarso, Majenang. 

    Istilah like son, like father mempunyai makna sebagaimana perilaku ayah, begitu pula perilaku sang anak. Ada pula peribahasa buah jatuh takkan jauh dari pohonnya. Maksudnya seorang anak cenderung akan meniru orang tua. Untuk kasus Nubail (Siswa MTsN Majenang) dan Endang Jaka Wahyu Aji, S.Ag (alumni MTsN Majenang) boleh jadi relevan dengan istilah like son like father boleh jadi tidak. Sang anak (Nubail) meniru sekolah ayahnya (Endang) karena si anak melihat bahwa sang ayah mampu memerankan diri sebagai ayah yang baik dan bertanggungjawab. 

    Namun, yang menarik bahwa cukup banyak ditemui di MTs Negeri Majenang ayah/ibunya alumni dan kemudian anaknya disekolahkan di MTsN Majenang. Kasus serupa dengan Nubail yaitu Wildan Azka (siswa kelas 9 MTsN Majenang) di mana ibunya merupakan juga alumni MTsN Majenang (Nurul Mukaromah). Bahkan ada sebuah kelurga yang semua anaknya bersekolah di MTsN Majenang. 

    Fenomena itu menandakan bahwa sang ayah atau ibu yang alumni merasakan manfaat dari bersekolah di MTsN Majenang. Selanjutnya ada proses internalisasi pengalaman pendididikan yang ditularkan kepada anak-anaknya. 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Nubail dan Endang Jaka Wahyu Aji, Like Son Like Father Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top