,

,
  • Berita Terkini

    Sabtu, 03 Mei 2014

    Pengalamanku Mengikuti Study Tour ke Jakarta

    Oleh : Nurul Ahadah
    Siswi Kelas 8D dan Mantan Ketua Kelas 7A MTs Negeri Majenang


    Dua bulan lalu, tepatnya 12-14 Maret 2014 aku bersama seluruh siswa kelas 8 MTs N Majenang mengikuti study tour ke Jakarta. Karena berangkatnya sore hari maka aku tetap berangkat sekolah seperti biasanya. Pada istirahat pertama aku dan teman-teman disuruh berkumpul di mushola untuk mendapat pengarahan dan nasehat dari kepala madrasah. Setelah selesai aku dan teman-teman kembali ke kelas masing-masing.

    Saat di dalam kelas aku diajari tata cara sholat jama' dan qasar oleh Bapak Darto, S.Ag. Selanjutnya aku dan teman-teman bersiap-siap untuk pulang dan kemudian berdoa sebelum pulang. Saat aku dan teman-teman akan pulang, disuruh berkumpul lagi di depan kelas 8D untuk diberi nasehat dan arahan oleh Bu Okah Imtikhanah, S.Pd selaku ketua panitia. Setelah itu aku pun diizinkan pulang ke rumah.

    Sekira pukul 14.15 WIB,  aku bersama teman-teman sudah berkumpul kembali di kelas masing-masing. Bu Ariesta Indriawati, S.Pd (wali kelasku) masuk ke kelas dan kemudian menyuruh aku dan teman-teman berkumpul di kelas 8D. Beliau memberi nasehat dan memberitahu pasangan tempat duduk saat di bis. Ada beberapa kelas yang dipecah sehingga ada beberapa siswa kelas 8D yang digabungkan dengan aku dan teman-teman. Aku duduk bersama dengan siswi kelas 8D. Sesudah itu aku dan teman-teman pergi menuju bis. Pihak sekolah menyediakan 6 bis dengan pemandu dari Zalfa Tour, juga guru penbimbing. Aku menaiki bis no 3 yang didampingi oleh Bu Ariesta Indriawati, S.Pd. Setelah aku dan teman-teman menaruh barang-barang yang tidak terlalu penting di bagasi, aku dan teman-teman berkumpul di lapangan untuk diberi pengarahan oleh salah satu  anggota dari Zalfa Tour. Setelah selesai aku dan teman-teman memasuki bis masing-masing. Tidak lama kemudian bis yang aku naiki mulai berjalan.

    Di sepanjang perjalanan aku dan teman-teman diberi informasi tentang objek-objek yang kami lihat, tempat dan daerah yang sedang kami lewati. Di dalam bis juga terdapat beberapa fasilitas seperti AC, LCD, tempat duduk yang dapat diatur posisinya dan tempat sampah. LCD ini juga dapat dipergunakan untuk karokean dan menyetel lagu tetapi karena aku dan teman-teman malu sehingga LCD-nya hanya dipakai untuk menyetel lagu. Berbeda dengan suasana di kelas lain seperti di kelas 8G, siswa siswi ada yang tidak malu karokean bersama guru pendamping bahkan ada siswa yang ikut menari. Di sepanjang perjalanan aku dan teman-teman juga disajikan dengan pemandangan yang indah. Sambil menikmati pemandangan aku dan teman-teman bernyanyi bersama lagu yang sedang distel di LCD, ada juga beberapa teman aku yang asik ngobrol, bercanda, smssan, facebookan, menikmati pemandangan sambil makan jajan yang mereka bawa dan ada yang tidur karena udah kecapean / pusing.

    Di beberapa tempat kami berhenti untuk melaksanakan kewajiban kami yaitu sholat fardu tetapi karena aku sedang haid jadi aku dan beberapa teman-teman aku menunggu di dalam bis sambil ngobrol memakan jajan yang kami bawa, setelah itu kami melanjutkan perjalanan. Tiba-tiba saat aku dan teman-teman sudah jauh meninggalkan Ciung wanara ternyata guru pendamping bis no 4 HPnya tertinggal di mushola yang berada di Ciung Wanara sehingga kami harus menunggu. Tak berapa lama kemudian bis no 4 sudah menyusul bis aku, setelah aku tanya kepada teman aku yang menaiki bis no 4 ternyata HP guru pendampingnya tertinggal di mimbar mushola ciung wanara dan HP itu di temukan oleh kenek bis no 4. Kejadian itu mengakibatkan waktu kami terbuang sehingga kami sampai asrama haji tidak sesuai jadwal yang telah di tentukan.

    Aku dan teman-teman sampai di asrama haji pada pukul 02.15 WIB. Di sana aku dan teman-teman beristirahat di kamar yang telah tersedia tetapi karena kami belum mengantuk kami bercerita tentang pengalaman di sepanjang perjalanan. Sekitar pukul 03.00 WIB aku mandi, setelah itu ada beberapa teman aku yang langsung menuju mushola untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah. Kemudian sesudah itu aku berkeliling untuk melihat-lihat sambil berfoto bersama. Tidak lama kemudian aku dan teman-teman disuruh mengantri untuk mengambil makan pagi, karena makanannya tidak terlalu enak dan aku belum lapar sehingga aku hanya mengambil sedikit makanan. Setelah selesai makan aku meninggalkan asrama haji dan pergi menuju TMII (Taman Mini Indonesia Indah).

    Aku pergi ke TMII untuk mengunjungi salah satu museum terfavorit yaitu PP IPTEK (Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ). setelah kami memasuki TMII aku melihat beberapa museum dan rumah adat di kanan dan kiri jalan yang aku lalui. PP IPTEK terdiri dari 3 lantai, yaitu lantai dasar, lantai mezzanine, dan lantai atas. Di sana kami mencatat banyak sekali tambahan ilmu pengetahuan dan juga mencoba alat peraga yang boleh dipergunakan. Tetapi sebelum memasuki PP IPTEK aku dan teman sekelas berfota bersama, setelah itu kita baru memasuki PP IPTEK. Aku dan Noviana banyak mencoba alat peragaan, melihat beberapa ruangan, melihat beberapa patung imuwan dan penemu selain itu aku juga melihat beberapa patung yang menggambarkan tingkah laku suatu makhluk hidup, tetapi ada beberapa alat yang tidak dapat di pergunakan karena sedang diperbaiki. Setelah waktu yang telah ditentukan habis aku dan teman-teman pergi ke bis untuk melanjutkan perjalanan ke GSA (Gelanggang Samudra Ancol), tetapi aku masih ingin di PP IPTEK karena masih banyak alat peraga yang belum di coba sehingga menurut beberapa siswa termasuk aku berpendapat bahwa waktu untuk mengunjungi PP IPTEK kurang.

    Setelah dari PP IPTEK aku melanjutkan perjalanan ke GSA. Sebelum sampai di GSA aku diberi tiket dan tiket itu tidak boleh hilang. Setelah memasuki GSA semua siswa siswi diberi makan siang. Setealah makan siang sudah selesai, aku melihat pertunjukan drama yang berjudul Scorpion Pirates. Di dalam drama itu terdapat beberapa adegan yang menggukan jetski yang membuat airnya muncrat ke bangku penonton sehingga penontonya ada yang beberapa basah karena kena air itu, dan ada juga yang mengunakan petasan sehingga membuat aku dan penonton lainnya kaget. Setelah selesai menyaksikan drama aku dan teman-teman kemudian pergi menuju ke wahana 4D. Di wahana ini aku diberi kacamata 3D, di wahana ini aku melihat film kartun spongbob dalam durasi 15 menit. Saat aku menyaksikan film kursi yang aku duduki bergerak, inilah yang membuat menonton di wahana ini mengasikan. Setelah selesai aku dan teman-teman kembali ke bis untuk pergi menuju tempat wisata DUFAN. Di tengah perjalanan aku dan teman-teman dibagikan snack. Di dufan banyak wahana yang memacu adrenalin. Aku, Nuke dan Noviana mencoba wahana Hysteria, Rollerktoster, dan istana boneka. Karena waktunya pulang sehingga aku hanya mencoba sedikit wahana. Setelah dari DUFAN aku dan teman-teman makan sore di tepi pantai, dan kemudian mandi selain itu juga menunaikan shalat untuk semua siswa siswi yg tidak haid. Setelah itu pulang.

    Sebelum aku dan teman-teman pulang, kami mampir di ITC Cibaduyut, Bandung. Di sana aku berbelanja oleh-oleh. Setelah selesai aku pulang. Sekitar jam 04.30 bis berhenti, semua siswa siswi yg tidak haid dan yang lainya turun untuk menunaikan shalat subuh. Setelah selesai bis mulai berjalan lagi. Aku sampai di MTs N Majenang sekitat jam 06.30, setelah itu aku pulang ke rumah.

    Itulah pengalamanku mengikuti study tour bersama teman-teman dan guru MTs Negeri Majenang. Pengalaman ini menjadi pengalaman berharga dan akan kukenang sepanjang masa.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Pengalamanku Mengikuti Study Tour ke Jakarta Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top