,

,
  • Berita Terkini

    Jumat, 04 April 2014

    Sukur : Curahkan Ilmu dengan Rasa Senang

    Begitu singkat namanya, Sukur. Dalam kedinasan tertulis Drs. H. Sukur. Mungkin karena namanya itulah yang membuat pria yang enam tahun lagi akan purna sebagai guru pns ini memiliki sikap yang senantiasa bersyukur dalam hidupnya. Sosoknya yang kalem, ramah dan humoris memberi energi positip bagi siapapun yang dekat dengannya. Di lingkungan MTsN Majenang ia menjadi sesepuh dan langganan memimpin  do’a dalam berbagai kesempatan baik acara madrasah maupun pribadi.

    Suami dari Umi Khafsoh ini lahir di Cilacap, pada 10 Mei 1960. Mengawali pendidikannya di SDN Rejodadi 01 (lulus 1973), MTs Darwata Majenang (lulus 1977), MA Darwata Majenang (lulus 1981) dan IAIN Walisongo, Semarang (lulus 1987).   

    Pengalaman karirnya cukup menarik dan sempat beberapa kali mengalami mutasi. Pertama kali diangkat CPNS menjadi staf di Kantor Departemen Agama----saat ini kemenag Kabupaten Barito Selatan Kalsel pada tahun 1990. Keinginannya untuk lebih dekat dengan keluarga besarnya di Majenang, Cilacap mendorong beliau mengajukan mutasi ke Kandepag/Kemenag Cilacap pada tahun 1994. Selama di Cilacap sempat menjadi pejabat struktural. Selanjutnya pada tahun 2000 kembali pindah tugas menjadi Kepala TU MTs Negeri Majenang. Pada awal 2005 beralih dari struktural menjadi fungsional dengan menjadi guru fiqih di MTs Negeri Majenang sampai sekarang.

    Ayah dari Fadli Azizi Fikri, Abdusani dan Isbatul Hanail ini telah cukup banyak merasakan hiruk pikuk dunia pendidikan pada masa orde baru sampai era reformasi sekarang ini. Saat di Kandepag Cilacap cukup lama menangani pendidikan karena bertugas di seksi mapenda---saat ini berubah menjadi penma. Cukup sering  mantan pejabat di Kandepag Cilacap ini mengikuti seminar, study banding, workshop, pelatihan, dan mendampingi  lomba-lomba mapenda Cilacap.

    Motto hidupnya untuk menjadi orang yang bermanfaat dan berkah bagi sesama dijewantahkan beliau dengan aktif di tengah masyarakat. Sejak 1987 sampai 1990 tercatat sebagai sekretaris NU Kecamatan Cimanggu.  Pada 2003 sampai 2012 mengabdikan diri di Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif  Kecamatan Cimanggu pada bidang pendidikan. Kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di lingkungan sekitarya ia wujudkan  dengan merintis pendirian sekolah dan pada 2001 sampai 2007 menjadi Kepala MI Ma’arif Cimanggu, kemudian tahun  2007 sampai 2013 menjadi Kepala SMP Ma’arif Cimanggu. Selanjutnya sejak 2013 sampai sekarang menjadi Ketua Penasehat RA, MI dan SMP.

    Pak Sukur memiliki hobi membaca. Ia kerap membaca buku, majalah, dan  surat kabar. Tekadnya ingin menjadi orang yang ilmunya bermanfaat, ilmunya dapat diamalkan   dan senang menerima ilmu. Bahkan di usinya yang diambang senja tetap mau belajar teknologi terkini seperti laptop, internet dan perangkat teknologi lainnya.

    Ia berpandangan pola pendidikan di madrasah perlu terus ditingkatkan dan dipertajam melalui jalur pengembangan diri siswa baik individu maupun kelompok dan  kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, kesenian, olahraga yang lebih maksimal karena akan ikut membentuk karakter siswa. Menurutnya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan para guru harus selalu disupport, diawasi, dinilai, dilihat dan kesejahteraannya diperhatikan baik oleh pemerintah maupun sekolah/madrasah. Para guru perlu sering diberi kesempatan mengikuti diklat untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya. Pengalamannya saat masih di birokrasi mengikuti diklat berkualitas diyakini akan melecut setiap guru untuk lebih baik kalau mendapat kesempatan tersebut.

    Ada hal menarik yang beliau ungkapkan untuk para guru muda. “Saya enam tahun lagi akan purna sebagai pns. Saya berpesan kepada para guru muda  curahkan ilmu dengan rasa senang. Bimbing para siswa dengan penuh kasih sayang terutama siswa yang perlu perhatian ekstra atau kuper. Selain itu jangan lupa untuk mendoakan anak didik," ujarnya.
    ***

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Sukur : Curahkan Ilmu dengan Rasa Senang Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top