,

,
  • Berita Terkini

    Kamis, 21 Juni 2012

    Madrasah Siap Membangun Budaya Berprestasi

    Jakarta (Pinmas)—Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Dedi Djubaedi menyatakan, lembaga pendidikan madrasah siap membangun budaya berprestasi. Upaya tersebut dengan menggelar beragam kegiatan antara lain kompetisi sains madrasah (KSM), expo madrasah dan rembug nasional guru madrasah.

    “Madrasah mengalami peningkatan mutu, kualitas dan prestasi baik nasional dan internasional. Salah satunya pada Ujian Nasional, nilai kelulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) lebih tinggi dari sekolah,” kata Dedi Djubaedi kepada pers di Jakarta, Rabu (20/6).

    Ia menjelaskan, kompetisi sains madrasah, expo madrasah dan rembug nasional guru madrasah akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat pada 25-29 Juni mendatang, direncanakan Menteri Agama Suryadharma Ali akan membuka acara yang bakal dihadiri 4.000 peserta dan tamu undangan dari seluruh Indonesia.

    “Hakekatnya kita memiliki potensi yang luar biasa baik siswa maupun guru madrasah seperti MAN Insan Cendekia di Serpong dan Gorontalo,” tandas Dedi.

    Adapun kegiatan KSM, dilaksanakan bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kegiatan ini bertujuan untuk dapat memetakan kompetensi siswa madrasah pada bidang yang dikompetisikan dalam skala nasional maupun internasional.

    “Kegiatan tersebut juga diharapkan mampu memupuk motivasi bagi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang sains disamping memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat serta berakhlak karimah,” jelas Dedi didampingi para Kasubdit di Mapenda.

    Selain itu lanjut dia, kegiatan tersebut untuk membuktikan kepada masyarakat umum bahwa pendidikan di madrasah tidak hanya mengajarkan pelajaran agama Islam, tetapi juga pendidikan sains dan teknologi. “Dengan kegiatan ini diharapkan dapat teridentifikasi potensi-potensi siswa-siswi madrasah yang akan diproyeksikan mengikuti Olimpiade Sains Internasional,” imbuhnya.

    Adapun bidang yang dilombakan meliputi mata pelajaran matematika, fisika dan bilologi dan ekonomi, termasuk mata pelajaran keagamaan. Dalam kesempatan itu, panitia juga menggelar expo madrasah serta festival film pendek madrasah (ffpm). Syarat film yang dilombakan antara lain film itu harus di up date di youtube.

    Mengenai acara rembug nasional guru madrasah, Direktur Pendidikan Madrasah mengatakan dengan kegiatan itu diharapkan seluruh guru madrasah memiliki kesamaan visi dan misi dalam upaya meningkatkan peningkatan pengembangan mereka.

    Saat ditanya apakah ada madrasah yang roboh, ia mengatakan bahwa sesuai amanat Menteri Agama tidak boleh lagi ada madrasah yang roboh. “Saat ini ada 65.372 madrasah baik ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah, kita berupaya meningkatkan mutu maupun prestasi termasuk membantu siswa, juga tidak boleh ada yang ingin masuk madrasah karena tidak punya uang,” tandas Dedi Djubaedi. (ks)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Madrasah Siap Membangun Budaya Berprestasi Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top