,

,
  • Berita Terkini

    Kamis, 10 Mei 2012

    Dirjen Pendis Berharap Seluruh Madrasah Terakreditasi Pada 2013

    Jakarta (Pinmas)—Kementerian Agama menargetkan, seluruh madrasah mulai dari madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs), dan madrasah aliyah (MA) terakreditasi pada 2013. Saat ini, masih ada 28.000 madrasah (49 persen) belum terakreditasi.

    “Baru 51 persen yang sudah terakreditasi,” ujar Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nur Syam saat melakukan monitoring pelaksanaan ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) di Madarasah Ibtidaiyah Negeri Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Selasa (8/5).

    Ditegaskan Nur Syam, soal akreditasi madrasah ini merupakan salah satu indikator yang menjadi fokus perhatiannya berkaitan dengan kualitas lembaga pendidikan. Hal lainnya adalah menyangkut Ujian Nasional dan masalah pelayanan.

    Lebih jauh, dia berharap, ke depan ada semacam pusat pengembangan akreditasi. Nur Syam mencontohkan, tempatnya bisa saja di MAN 4 Pondok Pinang. Menurut catatan, MAN 4 ini sendiri sudah mendapat akreditasi A. “Center of Acreditation of Madrasah. Itu harus ada,” tegasnya.

    Nur Syam menjelaskan, soal akreditasi mengindikasikan sudah maju atau tidaknya lembaga.
    Selanjutnya, soal Ujian Nasional. Ini merupakan salah satu ukuran standar nasional lulusan. Nur Syam optimistis, siswa-siswa madrasah akan sukses pada UN 2012.

    “UN itu penting. Kita berharap angka kelulusan 100 persen,” katanya. Dia menuturkan, target angka kelulusan 100 persen itu bukan merupakan sesuatu yang utopis. 

    Terakhir, indikator terkait dengan kualitas lembaga pendidikan ini adalah menyangkut pelayanan. Dia mencontohkan, raihan sertifikat ISO dan kualifikasi internasional.

    Menurut Nur Syam, madrasah juga harus diperkuat dengan program excellencies.
    “Melalui program-program yang dianggap unggulan dan diakui,” katanya.
    Selanjutnya, setiap lulusan tidak hanya dilengkapi ijazah, tapi juga sertifikat yang diakui secara internasional. Misalnya menyangkut kemahiran berbahasa asing. “Tentunya, kita akan bangga punya lembaga pendidikan yang bagus. Ke depan ini agar diketahui masyarakat,” katanya.(pr/agus)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Dirjen Pendis Berharap Seluruh Madrasah Terakreditasi Pada 2013 Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top