,

,
  • Berita Terkini

    Senin, 02 Januari 2012

    Mengenal Lebih Dekat MTs Negeri Majenang

    Oleh: Deni Kurniawan As'ari, S.Pd  
    Admin Weblog MTs Negeri Majenang
     
    MTs Negeri Majenang terus berbenah. Di tengah persaingan sekira 15 SMP/MTs negeri dan swasta yang berada di Kecamatan Majenang. Madrasah yang berdiri megah di tepi jalur jalan antarprovinsi yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Barat jalur Selatan itu terlihat anggun. Warna cat hijau muda yang dikelilingi pesawahan yang sedang menguning menambah nuansa beda. Aliran sungai yang terletak di depan madrasah semakin menambah kesan sejuk.  Masyarakat pedesaan di sekitar madrasah yang sebagian besar bermata pencahariaan petani semakin mengokohkan bahwa alam pedesaan begitu kental dan terasa. Tanahnya cukup subur dan cocok untuk lahan pertanian.
    Letak yang strategis dan dukungan masyarakat setempat yang optimal itulah barangkali yang membuat madrasah ini semakin hari terus berkembang. Sarana dan prasarananya terus diupayakan untuk dilengkapi. Begitu pun SDM—guru dan karyawan mendapat perhatian penuh dari pimpinan untuk ditingkatkan profesionalitas dan kompetensinya.
    Cikal Bakal
    MTs ini pada mulanya berawal dari sebuah Pesantren yang bernama Darutsawab. Tidak lama kemudian berdirilah lembaga pendidikan formal yang bernama Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Geblogan yang berada di Geblogan, Pahonjean. Pesantren itu dipimpin KH. Rosidin dan dibantu kedua putranya yang bernama Kyai Imam Bulqin dan Kyai Imam Thobroni.

    Berdasarkan catatan sejarah, tahun 1971, nama ma’arif berubah menjadi DARWATA—-Darul Tarbiyah Watta’lim dan yang menjadi pimpinan yaitu Kyai Imam Thobroni. Konon, saat itu siswanya masih sedikit sekali karena memang tidak semua santri mau belajar di lembaga pendidikan formal. Namun seiring perjalan waktu, step by step siswa MTs Darwata semakin banyak, terutama seiring dengan kebutuhan akan ijazah yang sifatnya formal.

    Sembilan tahun kemudian, tepatnya 1980, MTs Darwata Geblogan bermetamorfosis menjadi MTs Negeri Karanganyar Filial di Pahonjean dengan SK dari Dirjen Binbaga Islam Nomor : KEP/E-II/1980 tanggal 22 September 1980. Saat itu yang menjadi pimpinan Bapak Chujjirna BA. Siswanya terbilang lumayan menembus angka 500. Pada tahun 1982 Chujjirna BA. digantikan oleh Drs. Bunyamin. 

    Selanjutnya pada 1991, Madrasah Tsanawiyah Negeri Karanganyar Filial di Pahonjean meningkat statusnya menjadi mandiri—-berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Majenang, Kabupaten Cilacap. Perubahan ini berdasarkan SK. Nomor : 137 Tahun 1991. Adapun Kepala pertamanya, Drs. H. Bunyamin kemudian berturut-turut digantikan oleh Drs. Khujirno, Hj. Ngadiyah B.A. dan Drs. Muslimin Winoto, M.Pd.I. Tercatat sampai tahun 2010 MTs Negeri Majenang telah mengalami 5 (lima) kali pergantian pucuk pimpinan. Semenjak Pebruari 2010, yang menjadi nakhodanya yaitu H. Moch. Makhrus, S.Pd., M.Pd. yang sebelumnya menjabat kamad MTs Negeri Karangpucung.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Mengenal Lebih Dekat MTs Negeri Majenang Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top