,

,
  • Berita Terkini

    Jumat, 27 Januari 2012

    Mari Menghargai Waktu

    Oleh: Ulfah Meita  
    Siswi Kelas IX E MTs Negeri Majenang
    Kini Siswi SMA Negeri Majenang


    Waktu akan terus berputar. Hari akan terus berganti. Masa lalu adalah pengalaman. Sekarang adalah usaha dan hari esok adalah masa depan kita.

    Jika saat ini kita tidak mampu menghargai waktu, maka hari esok pun waktu tidak akan menghargai kita. Berusahalah dari sekarang untuk belajar menguasai waktu. Sebelum masa depan kita dikuasai oleh waktu.

    Bukan hanya dengan sesama manusia, kita belajar untuk saling menghargai. Akan tetapi dengan tumbuhan, binatang, udara serta waktu pun perlu kita hargai seperti mereka telah menghargai kita.

    Tumbuhan menghargai kita dengan member pangan yang kita butuhkan. Mereka pun menyaring udara segar berupa oksigen. Binatang menghargai kita dengan memberi daging atau susu yang kiya butuhkan setiap saat. Udara pun menghargai kita dengan memberi udara berupa oksigen sehingga kita masih bisa menghembuskan nafas di muka bumi ini. 

    Waktu pun menghargai kita dengan memberi kesempatan untuk kita berubah menjadi lebih baik.
    Tapi, sudahkah kita menghargai tumbuhan dengan member pupuk dan merawatnya? Sudahkan kita menghartgai binatang dengan member makan dan kasih sayang yang mereka butuhkan? Dan yang lebih penting adalah sudahkah kita menghargai waktu?

    Maka, hargailah waktu dan kuasailah waktu dengan sebaik-baiknya. Sebelum waktulah yang akan menguasai kita.
    Cobalah kita merenung! Berapa banyak waktu yang kita sia-siakan dan apakah itu bermanfaat bagi kita?
    Sebagai seorang pelajar, kita memiliki tugas dan kewajiban untuk belajar. Tetapi, mengapa justru selama ini waktu untuk belajar kita gunakan hanya untuk bermain.
    Mungkin saat ini kita masih bisa mempermainkan waktu. Tetapi suatu saat waktulah yang akan mempermainkan kita dan merugikan kita. Perlu disadari bahwa waktu itu sangatlah penting bagi kita. Teruatam bagi mereka yang ingin sukses dan ingin maju.

    Kita adalah seorang pelajar tetapi sudahkah sikap kita mencerminkan sebagai seorang pelajar? Ketika selama ini disadari atau pun tidak, kita telah dikuasai dan dipermainkan waktu. Akankah kita akan terus menjadi orang yangmerugi?Tidak ada kata terlambat kalau kita mau berusaha mulai dari sekarang.

    Besi akan berkarat jika tidak digunakan. Air yang menggenang akan kehilangan kemurniannya dan dalam cuaca dingin akan membeku. Seperti utulah gambaran otak kita jika tidak digunakan.

    Maka jadilah seperti pensil. Dia mampu menuliskan sesuatu menjadi bermakna. Bila ada yang salah segeralah hapus dengan penghapus yang tersedia di ujung pensil.


    Mari kita perhatikan ayat berikut:
    (1) Demi masa.
    (2) Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
    (3) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.
    ***
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Mari Menghargai Waktu Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top