,

,
  • Berita Terkini

    Rabu, 28 September 2011

    Diklat Guru Seni Budaya MTs Tingkat Dasar Angkatan II

    Wawancara dengan ibu Atk Wigyati, S.Pd
    Atik Wigyati, S.Pd
    Dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan kompetensi  guru mapel di lingkungan kementerian agama, Balai Diklat Keagamaan Semarang mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Guru Mapel Tingkat Dasar.

    Alhamdulillah, MTs Negeri Majenang diberi kepercayaan mengirimkan salah satu tenaga pendidiknya yaitu ibu Atik Wigyati,S.Pd untuk mengikuti Diklat Guru Seni Budaya MTs Berjenjang Tingkat Dasar Angkatan II. Diklat dilaksanakan selama 10 (sepuluh hari) hari, mulai tanggal 8-17 September 2011 yang bertempat di Balai Diklat Keagamaan Semarang.

    Berikut petikan wawancara  Admin Weblog MTs Negeri Majenang dengan guru pengampu Seni Budaya asal Genteng Cimanggu tersebut.


    Admin Web Mts:
    Apa kesan ibu selama mengikuti  diklat kemarin?

    Atik Wigyati, S.Pd.:
    Subhanallah, saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan yang sangat berharga ini. Walaupun basic keilmuan saya bukan seni tapi geografi sehingga boleh dikata tidak ‘match' dengan diklat yang saya ikuti namun justru disitulah tantangan untuk saya mendapat pengalaman baru, ilmu  yang sangat bermanfaat untuk pengembangan kualitas saya pribadi sebagai tenaga pengajar pada mapel seni budaya dan untuk pengembangan madrasah umumnya.

    Admin Web Mts:
    Materi apa saja yang diperoleh dari diklat tersebut?

    Atik Wigyati, S.Pd. :
    Ada 3 kelompok materi yaitu, pertama,   kelompok dasar meliputi : kebijakan diklat PNS, kebijakan mapenda tentang pembinaan madrasah, UUD RI 1945. Kedua, kelompok inti  yang meliputi standar nasional pendidikan, standar kompetensi guru dan pengembangan profesi guru,. Ketiga,  konsep dasar pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan, konsep pembelajaran dan pemetaan materi seni budaya, pengembangan silabus dan RPP sesuai dengan paduan pengembangan KTSP, Pendidikan budaya dan karakter bangsa, penilaian pembelajaran, model model pembelajaran, pemanfaatan media dan sumber pembelajaran, paedagogik, analisis tingkat pembelajaran, pendidikan nilai nilai kewirausahaan. Dan kelompok penunjang seperti pengarahan program dan evaluasi, BLC, study lapangan, microteaching dan RTL.

    Admin Web Mts:
    Apa saran ibu untuk guru MTs N Majenang yang belum pernah ikut diklat?

    Atik Wigyati, S.Pd:
    Kalau boleh saya urun rembug, pemanggilan untuk mengikuti diklat janganlah dijadikan momok atau sesuatu yang menakutkan. Bagi saya ini justru kesempatan yang sngat berharga untuk semakin mengasah kemampuan,  bertambahnya ilmu dan wacana serta wawasan baru yang itu mungkin tidak akan kita jumpai di kesempatan lain.

    Sukses MTs Negeri Majenang…
    Semoga Allah meridhoi langkah dan perjuangan kita. Amiin ya robbal alamiin
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Diklat Guru Seni Budaya MTs Tingkat Dasar Angkatan II Rating: 5 Reviewed By: MTs Negeri Majenang
    ispi
    ispi
    Scroll to Top